Friday, March 18, 2011

Market Value



Saya tidak pernah bertemu dengan Kakek saya, tapi ada salah satu pelajaran yang bisa saya ambil dari Beliau, yaitu tentang pentingnya peran pasar dalam kehidupan bermasyarakat.

"Kakek kamu itu, kalau pergi ke suatu daerah, pasti perginya ke pasar.", kata Ibu

Pemikiran saya sewaktu muda, "Ya iyalah, wong namanya juga pedagang yang dituju pertama kali pasti pasarnya.". Cuma itu....

Sekarang, saya memahami bahwa pasar bukan hanya tempat untuk berdagang. Ia lebih dari itu. Pasar adalah suatu tempat dimana kita bisa melihat kebudayaan setempat mengenai tata cara tawar-menawar produk; bahasa lokal; pakaian masyarakat; maupun produk unggulan di daerah itu. Dari pasar, kita juga bisa melihat peluang bisnis serta menilai etos kerja orang-orang di dalamnya. Pasar tradisional itu sebenarnya cukup menyenangkan, tapi pasar tradisional di Indonesia itu jarang sekali yang tempatnya dikelola dengan baik. Air comberan ada dimana-mana, kebersihan lapak juga tidak terlalu diperhatikan, penerangan juga seadanya. Mungkin, suatu hari nanti, kita bisa punya pasar tradisional yang dikelola dengan baik..... Hmmm.... Gimana kalau pengelolaannya diberikan kepada pihak swasta?

Gambar dari sini

No comments:

Post a Comment