Wednesday, April 13, 2011

Dibalik Label Entrepreneur



Akhir-akhir ini, saya semakin diingatkan tentang konsekuensi menjadi seorang 'entrepreneur'. Bagi sebagian orang, label 'entrepreneur' itu sangatlah keren, bahkan digaungkan hampir setiap saat dengan harapan semakin banyak orang yang menjadi entrepreneur.

Oke, menjadi entrepreneur itu adalah hal yang 'mulia' karena dapat berkontribusi secara langsung terhadap perekonomian 'rakyat' (tergantung dari definisi kamu terhadap rakyat). Tapi bukan berarti profesi yang lain tidak mulia kan? Ingatkah mereka bahwa menjadi 'entrepreneur' itu juga merupakan bagian dari proses seleksi alam? Hanya mereka yang punya keinginan dan bermental kuat yang bisa bertahan.


Bermental kuat itu bukan hanya tahan terhadap kondisi yang penuh ketidakpastian, tapi juga bermental kuat untuk memanfaatkan kapital (baik uang maupun non-uang) dengan bijak. Hanya sedikit yang bisa bertahan menghadapi ketidakpastian, lebih sedikit lagi yang bisa memanfaatkan kapital dengan bijak.

Untuk menjadi seorang 'entrepreneur', tak peduli berapa besar skala ekonominya, Anda harus siap untuk benar-benar mengiba kepada Tuhan. Mengiba karena akan sangat terasa bahwa Anda benar-benar bergantung pada kemurahan-Nya.

Jika Anda tak tahan dengan kondisi yang penuh ketidakpastian, saya sarankan Anda untuk menjadi pegawai saja. Karena itu lebih aman.Baik menjadi entrepreneur maupun bukan, itu adalah sebuah pilihan, dan setiap pilihan memiliki konsekuensi.

1 comment:

  1. [ The entrepreneur leads the firm or organisation and also demonstrates leadership qualities by selecting managerial staff. Management skill and strong team building abilities are essential leadership attributes for successful entrepreneurs. ]

    Some of them tend to choose to be invisible, low profile, and humble also. It doesn't mean they are "good" person, it's more to enhance and protect the solid team, collectively.

    Entrepreneur works as a team part, a "Wolfpack", no matter how many team they will create, and in what specialties. A company is a bunch of people, with different function, competence, and character, those work to solidify them aren't peace of cake, trust me.

    It's more about how to value your life, with more and more idea creation toward better society, as a company and business entity.

    ReplyDelete