Tuesday, November 9, 2010

Kompetisi Adalah Hal Yang Menyenangkan

Aku: Kompetisi adalah hal yang menarik. Dibutuhkan kejelian dalam menilai pasar, product dan dan peluang. Permasalahannya, tak semua orang dapat melihat peluang dan menaksir harga dari produk. Jika produk sudah mulai ramai dibicarakan (jadi trend) dan sudah ditawar oleh kompetitor, terkadang pemain baru menyadari harga dari produk tersebut. Sayang sekali. Peluang emas itu jarang datang dua kali, Bung.

Bung Bijak: Oh, saya tidak akan membahas tentang peluang. Saya hanya akan menyorot dari segi strategi untuk mengalahkan kompetitor. Untuk bisa memenangkan sebuah kompetisi, Anda harus mengetahui pemikiran dari lawan.

Aku: Ngaco! Dari mana kita bisa mengetahui pemikiran orang lain, jika kita tak dapat memahami pikiran kita sendiri? :D

Bung Bijak: Ah, kalau Anda tak pernah mengalaminya, lebih baik Anda diam saja. Ya, Anda harus bisa membaca pikiran lawan, selicik apapun selugu apapun. Tapi bukan berarti saya menyuruh Anda untuk bermain licik. Tidak, sama sekali tidak. Saya justru menyarankan Anda untuk main cantik. Ada kepuasan tertentu jika Anda dapat bermain 'jujur' dan menang ketimbang menggunakan cara licik lalu menang.

Aku: Hahaha.... Permasalahannya, hanya sedikit orang 'jujur' yang menang, Bung.

Bung Bijak: Ya, sedikit tapi tetap ada kan? :P. Dan tahukah Anda hal terbaik yang bisa Anda lakukan selain memenangkan sebuah kompetisi? Yaitu menciptakan kompetisi itu sendiri. Kekekekek.....





#Percakapan Imajiner dengan Bung (Sok) Bijak akibat munculnya pemain lama, yang mulai terlupakan, dalam memperebutkan pangsa pasar yang sama dengan pemain baru yang sedang baik daun. namun produk yang ada sudah dikemas dengan berbeda. Eits, pangsa pasar sama tapi ada pergeseran perilaku konsumen yang sangat drastis dalam jangka waktu yang relatif pendek. Bingung bagaimana itu bisa terjadi? Tak mengapa, memang sengaja membuat bingung. Hehehehe.....

# Berminat memetakan posisi saya dalam lingkungan kompetitif tersebut? Mariiii.....

#Bung (Sok) Bijak adalah karakter fiktif :D

No comments:

Post a Comment