Wednesday, November 3, 2010

Celoteh Adek (1): Dilema

Di suatu siang di rumah adek kandung dari kakek, muncullah sebuah studi kasus yang menarik.

Lagi nunggu tuan rumah keluar. Tiba-tiba....

Adek: 'Mbak, kalau kamu punya anak terus dia pengen ikutan dugem sama temennya, kamu mau apa?'

Saya: 'Hmmm, gak aku bolehin lah.Kalau perlu gak dikasih akses dana lebih'

Adek: 'Tapi, kalau kamu larang dan marah, kemungkinan dia bakal bohong sama kamu di kesempatan kedua (kesempatan buat dugem, maksudnya)' 

Saya: 'Oh ya?'

Adek: 'Iya, namanya juga masih muda, pasti penasaran sama hal yang seperti itu. Jadi, dia bakal melakukan segala cara untuk tahu dan kemungkinan dengan cara bohong. Bisa aja dia bilang gini Ma, aku ke rumah temen dulu ya, mau ngerjain tugas. Tapi pulangnya malam. Nah looo..... Gimana tuh?'

Saya: 'Hegggg..... Susah juga ya. Kalau kita ceramahin, bisa-bisa cuma masuk kuping kanan keluar kuping kiri. Tapi kalau dibolehkan, ntar dia bisa ketagihan dugem. Ah, bingung. Ntar aku nanya Mas (suami, Red) aja deh. Emang kalau kamu sendiri gimana cara ngatasinnya?'

Adek: 'Sama, aku juga masih bingung. Hehehe....'

Hmmm.... Mungkin ada baiknya, studi kasus di atas saya ajukan kepada Bapaknya anak-anak kelak :P

4 comments:

  1. asal anak jangan dikenalkan dgn dunia yg satu sisi aja sih mut, nanti dia bener2 akan freak disana, atau, begitu dia kenal dunia lain yg dia anggap lebih menyenangkan, dia akan jadi freak bgt di sisi yg lainnya itu.

    Jadi, komunikasi penting, dan kenalin aja dia sama yg beragam dunia yg berbeda2. Trus ya bimbing supaya dia ga salah jalan,,

    that's my opinion,,
    hanya ide sih itu, nerapinnya butuh kerja keras pastinya.. :)

    ReplyDelete
  2. Hehehe.... Baca komentar Puti bikin aku inget studi kasus yang lain Put. Jadi ada anak dari *DK yang dunianya hanya seputar kegiatan 'shalat & mengaji'. Dia kurang bisa bergaul dengan teman sebayanya karena dia tak mau bicara yang tak perlu dsb dsb dsb.

    Alhasil, dia gak punya teman dan ini bikin kedua orang tuanya khawatir.

    Kayaknya emang dari kecil, dia harus dibiasakan untuk mengenal berbagai macam hal. Tapi tentu dengan cara yang sesuai dengan umurnya.

    Fuuuhhh, berurusan sama anak itu bikin deg-degan karena kita, sebagai orang tua dan pendidik yang akan mewarnai pikiran mereka sejak awal perkembangan.

    Put, kasih rekomendasi buku mengasuh anak dong ;)

    ReplyDelete
  3. samaaa karna itu aku bersyukur banget masuk ke kampus skrg,,, hehehe

    tapi kalo buku ngasuh anak blm nemu sih mut, krn blm nyari juga,, kalo yg bisa aku ceritain sih masih ttg kognisi anak, misalnya waktu usia 0-2 thn anak itu pikirannya gmn, trus waktu usia 5 thn, 10 thn, 15 tahun gmn,, kemampuan mikirnya udah berubah soalnya

    Pingin nulis ttg itu juga,, mohon ditunggu yah,, sampe agak kurang sibuk, minggu depan insya Allah :D

    ReplyDelete
  4. Baiklah Ibu Guru Puti yang baik, saya disini menunggu tulisan Ibu Puti dengan tenang :)

    ReplyDelete