Tuesday, January 19, 2010

My Favorite Superhero


Berbicara tentang superhero, ada satu yang paling saya sukai, yaitu Batman. Sedari kecil, tanpa saya sadari, saya lebih banyak mengikuti sepak terjang sang manusia kelelawar ini lewat kartun, dibandingkan dengan superhero lainnya.


Batman bukanlah manusia dengan mutasi gen seperti spiderman, bukan juga makhluk luar angkasa yang gagah perkasa layaknya Superman. Dia hanyalah seorang manusia biasa, yang lebih mengandalkan teknologi , kepiawaian olah tubuh serta pikiran. Tapi, justru disitulah menariknya.

Dihantui dengan masa lalu yang suram akibat kematian kedua orang tuanya, menjadikan Bruce Wayne tumbuh dengan karakter yang sedikit gelap. Ia dikenal sebagai pribadi yang kaya raya, mampu menaklukkan hati banyak wanita, serta sedikit sombong. Dalam menjalankan aksinya, Batman a.k.a Bruce Wayne ditemani oleh Alfred, Robin, Jim Gordon serta terkadang Catwoman.

Menurut saya, karakter Batman merupakan karakter yang kompleks. Dia harus menjalani hidup super glamornya pada pagi hari, dan menjadi sang penegak keadilan pada malam hari. Untuk menutupi kehidupan rahasianya, ia tampak seperti menciptakan kamuflase pada diri Bruce Wayne. Pikirannya terkadang misterius, ruwet, dan penuh taktik. Mungkin terkadang ia terkesan menutupi segala beban pikirannya dengan cara menampilkan wajah yang cool. Tapi di dalam hati, saya rasa ia adalah seorang lelaki yang terluka dan kesepian. Sungguh perpaduan yang menarik.

Jujur saja, saya menyukai tokoh-tokoh fiksi yang berkarakter kompleks seperti itu. Saya merasakan sensasi tersendiri ketika melihat mereka sedikit timpang karena masalahnya, namun tetap berjuang untuk menghadapinya dan menjadikan hal tersebut sebagai suatu kekuatan.

Film Batman yang saya sukai yaitu The Dark Knight, karena sisi gelap Batman dapat terlihat jelas di film itu. Selain itu, dapat terlihat juga hubungan emosional yang aneh antara Batman & Joker. Yang menjadi kunci sukses film ini, tentu saja akting sensaional dari Heath Ledger. Sedangkan pemeran Batman favorit saya ada dua yaitu Christian Bale karena aktingnya & Val Kilmer karena ganteng. Hahahaha..... Sedangkan villain terbaik, jatuh pada Poison Ivy, karena dia menggunakan kecantikannya untuk menjerat lawan-lawannya. Sungguh berbahaya.

Ada satu pelajaran berharga yang saya dapat dari Batman, yaitu, untuk menjadi seorang PAHLAWAN, kadang kita harus menjalani jalan yang berliku dan mungkin tak jarang akan terluka. Tapi jika kebenaran telah ditegakkan, maka cukuplah itu sebagai bayarannya. Tanpa perlu diketahui orang lain, tanpa mengharap balasan apapun.

3 comments:

  1. aku suka cara km cerita mut. sederhana tapi sempit. untuk menyampaikan sesuatu kita ngga harus selalu pake cara serius., =D cara muti ngena banget,.

    eh lupa yaa. michael keaton lebih oke, abis aku ga suka bule yg blonde. christian bale.?? udah jelas.

    hihi,

    ReplyDelete
  2. Hahaha.... Terima kasih Alda ^_^

    biasanya aku juga gak suka yang blonde gitu, tapi gimana lagi, di film ini Val Kilmer emang ganteng. Huahahaha......

    ReplyDelete
  3. iya ibarat kita melihat wanita berjilbab yang disingkap jilbabnya kadang2 suka hmm gimana gitu. ;p
    nah ini juga serupa, mereka kan ngga pernah buka hijab kecuali kalo dirumah, ahahaha.

    ReplyDelete