Saturday, June 19, 2010

Biweekly Report 2 Program Sosial JAMBUL

Assalaamu'alaykum warahmatullah,

Sahabat, apa kabar? Sehat?

Masih ingat tentang program JAMBUL? Hingga tanggal 17 Juni 2010, dana yang telah terkumpul sebesar Rp 325.000. Saya ucapkan terima kasih banyak karena telah berpartisipasi dalam program sosial JAMBUL alias JAMbanisasi BuBULan

Selama sebulan mensosialisasikan program ini, ada beberapa pertanyaan yang sering muncul, yaitu:


1. Apa sih program JAMBUL itu?

Program JAMBUL adalah suatu program sosial singkatan dari Jambanisasi Bubulan. Program ini bertujuan menyediakan 937 jamban sehat bagi masyarakat Kec. Bubulan, Kab. Bojonegoro, Jawa Timur.

2.Emang, kenapa harus program jambanisasi? Gak bisa program yang lain ya?

Sebenernya bisa aja program yang lain, seperti pembinaan ekonomi masyarakat. Tapi, pembinaan tersebut memerlukan waktu yang cukup lama. Sedangkan ada kebutuhan lain yang sangat mendesak, yaitu ketersediaan jamban yang layak.

Dari total 3.609 KK di Kecamatan Bubulan, hanya 675 KK yang memiliki jamban sehat; 1002 KK dengan jamban tidak sehat; sedangkan sisanya menumpang di rumah tetangga & bahkan ada yang melakukan BAB di alam terbuka (di bawah pohon jati & sungai)

3. Kenapa harus Bubulan? Jauh amat, di Semarang emang gak ada?

Karena saya dapet infonya dari daerah sana. Belum ada pejabat yang curhat ke saya tentang masalah Semarang. Kebetulan, Bubulan terletak tidak jauh dari desa Nenek saya di Purwosari, Jawa Timur. Jadi, bisa menilik ke Bubulan sekalian menemui Nenek.

4. Berapa perkiraan dana yang dibutuhkan untuk mewujudkan JAMBUL?

Dana yang dibutuhkan adalah Rp 23.425.000, dengan pertimbangan satu jamban jongkok bernilai Rp 25.000. Rencananya, sistem yang digunakan adalah sistem cubluk. dimana tanah akan digali, kemudian langsung ditutup dengan toilet jongkok. Sistem ini dipilih karena itu merupakan sistem yang paling sederhana dan paling murah.

5. Trus, apa yang bisa pembaca info ini lakukan?

Para pembaca yang budiman bisa berpartisipasi dalam Program Sosial JAMBUL, dengan -->


  • Menyumbangkan dana melalui rekening BCA Cepu 3540026326 a.n. Haruni atau BCA 8030086822 a.n Mutya Dyan Asthami
  • Menyumbangkan tenaga untuk membuat jamban & penyebaran info ini.
  • Menyumbangkan material pembuat jamban.


6. Kalo nyumbang dana, emang minimal harus Rp 25.000 atau kelipatannya ya?

Oh, tidak. Namanya nyumbang ya seikhlasnya.

7. Kalo mau nyumbang material pembuat jamban gimana caranya?

Untuk saat ini, saya baru bisa menampung di rumah saya, di Semarang. Atau kalo mau ngirim ke Kantor Kecamatan Bubulan juga boleh, setelah memberikan notifikasi pada saya.

8. Sampai kapan program ini berlangsung?

Rencananya, program penggalangan bantuan akan diadakan hingga akhir Juli. Setelah bantuan terkumpul, kami akan segera membangun jamban di Kecamatan Bubulan. Oh ya, yang penasaran pengen lihat Bubulan hubungi saya. Ntar insya Allah kita kesana bareng.

Salah satu 'jamban alam' di Kecamatan Bubulan


*)Mungkin Sahabat juga mau melihat ke note pertama & kedua tentang JAMBUL

No comments:

Post a Comment