Sunday, July 22, 2012

Egg Tofu Saus Tiram

Bahan:

30 gr tepung maizena
1/4 sdt garam (saya tambahkan menjadi 1/2 sdt)
1/4 sdt merica bubuk (saya tambahkan menjadi 1/2 sdt)
1 bh egg tofu, potong bulat 2 cm
minyak goreng secukupnya
1 bh bawang bombai, potong-potong
2 siung bawang putih, cincang
1cm jahe, memarkan
200 gr udang, kupas, sisakan ekor (saya mengurangi takarannya menjadi 100 gr)
2 lbr jamur kuping, rendam,potong-potong (saya tambahkan menjadi 4 lbr)
75 gr kubis mini, potong jadi 4 (saya menggantinya dengan 100 gr ceciwis)
2 sdm saus tiram
1 sdt kecap ikan
1 sdm saus tomat

Larutan untuk mencelup tofu:
1/4 sdt garam
1/4 sdt merica bubuk
2 sdt tepung maizena, larutkan dengan 2 sdm air


Cara Membuat:

  1. Campur tepung maizena, garam & merica bubuk, aduk rata
  2. Gulingkan potongan egg tofu ke dalam campuran tepung maizena, kemudian goreng dalam minyak goreng yang sudah panas. Pastikan minyak merendam tofu. Goreng hingga kuning kecoklatan & kering, angkat dan tiriskan. Sisihkan.
  3. Panaskan 3 sendok makan minyak goreng sisa menggoreng egg tofu, tumis bawang bombai, bawang putih, dan jahe sampai harum.
  4. Masukkan udang, aduk rata. Masak hingga berubah warna.
  5. Tambahkan jamur, kubis mini (atau ceciwis), dan tofu, aduk rata. Bumbui saus tiram, kecap ikan, saus tomat, garam dan merica bubuk, aduk rata. Tuang air, aduk rata.
  6. Kentalkan dengan larutan tepung maizena, aduk hingga mengental. Angkat dan sajikan hangat. 


Resep disadur dari Nova No 1272/XXV. 9-15 Juli 2012. Dengan sedikit modifikasi. Bon appetit!

No comments:

Post a Comment