Friday, February 24, 2012

Memaknai Bahasa



Bahasa merupakan tools yang digunakan manusia untuk berkomunikasi dengan manusia yang lain. Ia dapat menjadi alat propaganda/alat penyebar ide, alat pengendali kesadaran maupun alam bawah sadar (hipnotis), maupun sebagai alat identitas. Cara paling mudah untuk mengetahui dengan siapa kita berhadapan adalah dengan membaca tulisannya dan mengamati tema besar dari pemikirannya. Lalu cross check dengan kenyataan di lapangan.

Wanita pada umumnya menggunakan bahasa tersembunyi yang terkadang bisa disalahartikan oleh lawan bicaranya.

Dampak kesalahan penafsiran bahasa bisa beragam, mulai dari kebingungan; kehilangan pekerjaan; kehilangan transaksi/uang; hingga kehilangan nyawa.  Maka, berhati-hatilah ketika berbahasa :)

4 comments:

  1. Yeey mutya update tulisan. Jadi inget sebuah flash game mut yang butuh teknik komunikasi kita buat nghadapin seseorang yang sedang depresi dan mau bunuh diri. Kalau benar kasih respon, orang itu jadi mengurungkan niat buat bunuh diri dehh,,

    ReplyDelete
  2. Judul flash game-nya apa?

    Iyaaaa, ahahaha. Akhir-akhir ini jarang update tulisan, lagi banyak kegiatan hehe. Oi Put, update juga blogmu. Aku kangen tulisan Puti ini :D

    ReplyDelete
  3. eh baru baca ada balasan. lupa nama gamenya apa, sayang banget. oh iya 2 minggu lalu aku mampir ke bioskop 21, terus ada satu film yg kata temen sih ceritanya mirip-mirip di game itu lho. Jadi ada unsur psikologinya juga, Man on a Ledge judulnya mutya,, udah nonton?

    ReplyDelete